#e39608 Ada Ruang Pemutaran Film di Museum Tsunami Aceh - Ferhat Muchtar - Catatan Seru!

Ada Ruang Pemutaran Film di Museum Tsunami Aceh

Berkunjung ke museum tsunami Aceh, Anda bukan hanya bisa menikmati kemegahan gedung, melihat artefak ataupun pajangan diorama tsunami. Tapi disana Anda bisa menyaksikan detik-detik terjadinya gempa dan tsunami Aceh 2004 silam.

Sebuah ruangan dirancang khusus di lantai dua gedung yang berdekatan dengan Taman Sari itu. Ruangan ini kerap disebut Ruang Audio Visual. Bentuknya seperti bioskop mini. Terdapat sekitar 40 kursi yang tersusun  berundak-undak. Sebuah layar lebar terpampang didepannya.

Didalam ruang gelap ini, diputar video detik-detik terjadinya gempa dan tsunami Aceh. Video yang diputar umumnya juga sering ditampilkan di tv nasional ketika awal tsunami terjadi. Tapi tidak salahnya jika Anda mengunjungi tempat ini, menyempatkan diri untuk menonton kembali. Menyaksikan ini setidaknya Anda kembali mengenang mereka yang telah pergi, bisa juga menjadi bahan pembelajaran.



Durasi video pun tidak terlalu panjang, berkisar 9 menit. Menurut Nela, salah satu pemandu museum tsunami, ruang audio visual ini menjadi salah satu ruangan favorit pengunjung. Walaupun kapasitasnya 40 seats, nyatanya pengunjung yang masuk melebihi target.

Sebagian pengunjung memilih berdesakan, berdiri di sudut-sudut ruangan, ataupun memilih lesehan di depan layar monitor.
“Setiap harinya hampir 500 pengunjung yang menonton videonya,” sahut Nella.



Jadwal nonton video tsunami pun terbilang fleksibel. Diputar kapan saja sesuai permintaan pengunjung, asalkan masih dalam jam pelayanan museum tsunami. Pengunjung yang menyaksikannya pun tidak dikenakan tarif masuk.


Bagi Anda yang berkunjung ke Banda Aceh, tidak salahnya menontonnya!

About Ferhat Muchtar

FERHAT MUCHTAR
Author/Tourism Writer. Dreamers. Ex Banker. Teller Sampai Teler.
Suka makan kuaci. Tukang koleksi buku.
email: ferhattferhat@gmail.com
Tulisan yang mungkin kamu suka × +

0 komentar:

Post a Comment