#e39608 Belajar Kreatif di Kraftologie - Ferhat Muchtar - Catatan Seru!

Belajar Kreatif di Kraftologie

Setiap kali berhenti di persimpangan lampu merah, mata saya akan jelalatan melihat spanduk yang betengger di pepohonan. Bagi saya melihat spanduk adalah keasyikan sambil menunggu lampu hijau. Terkadang dari spanduk saya tahu acara-acara terdekat, konser musik, seminar, ataupun promo makanan di rumah makan tertentu.

Hingga satu pagi disaat lampu merah, mata saya menoleh kearah spanduk di bawah pohon di seputaran Simpang Lima.

Kraftologie, a place for creative people.

Penasaran! Saya selalu penasaran dengan hal-hal kreatif. Terlebih di Banda Aceh jarang menemui seperti ini. Bergentayangan nama Kraftologie di benak saya sepanjang hari. Semakin penasaran ternyata dari spanduk itu, lokasinya tak terlalu jauh dari rumah saya.

Penasaran saya coba ditebas dengan mencari info di facebook. Dari sana saya tahu ternyata Kraftologie adalah salah satu tempat untuk belajar handycraft. Terserah produk apa. Cukup lama memendam penasaran, kemarin pagi akhirnya saya mengunjungi tempat ini.

Letaknya di jalan Gabus Lampriet. Susunan kaca persegi menutupi hampir seluruh bangunan tiga lantai ini. Adalah Ibu Riva Syamsuddin owner pemilik gerai. Ia menyambut ramah pagi itu. 
Ngalor ngidul bahas ini itu, Ibu Riva mempersilahkan saya duduk di meja makan. Di sekitarnya penuh dengan produk-produk kreatif. Bahkan di ruangan belakang sana, dua perempuan sibuk menjahit beberapa kain perca.

"Awalnya saya cuma mau sediakan alternatif baru untuk anak-anak berkegiatan. Selama ini di Banda Aceh kan lebih banyak les pelajaran,"

sudut ruangan yang lain


Rupanya tempat ini baru dirintis sekitar tahun 2012 lalu. Idenya terinspirasi dari aktivitasnya selama 16 tahun di Amerika! 
Haduhh, nembus dah nilai toeflnya!

Selama berbicara mata saya jelalatan mengedari ke seluruh gedung. Entah mengapa saya suka dengan layout ruangannya. Bentuknya soft minimalis, bergaya Eropa dengan perabot mendukung. Warna putih lebih dominan.

Kalo punya lemari buku kayak gini di rumah, pasti keren!


Kalau tertarik ikut, Kraftologie membuka banyak kelas belajar. Ada kelas membatik, melukis di berbagai wadah; gelas, keramik, baju, kanvas, kaca. Terus juga ada kelas membuat scrapbook 3 D, menyulam membentuk patchwork, merajut, paper flower, atau tye dye semacam kreatifitas membentuk gradasi warna di kain.

Saya sempat puyeng sewaktu Ibu Riva menjelaskan produk-produknya. Namanya begitu asing. Setiap kali ia sebut jenisnya, saya langsung tanya lagi, "yang mana Ibu barangnya?"
Terpaksa dia ngubek-ngubek isi lemari tunjukkin bentuknya.
Hehehhee...

Lalu Ibu Riva mengajak saya ke ruang belajar yang di sekat kaca. Ketika pintu dibuka, wuiiihhhhh... saya langsung suka ruangan ini! Penuh dengan barang-barang kreatif. Meja tersusun rapi di dalam ruangan yang saling berhadapan.

ruang belajar


Sekedar info kelas belajar setiap pertemuannya berkisar Rp 45 ribu hingga Rp 75 ribu untuk anak-anak. Kalau orang dewasa berkisar Rp 50 ribu hingga Rp 125 ribu. Untuk masing-masing kelas waktu pertemuannya berkisar 3-4 jam. Tergantung produk apa yang akan dipilih. Dan serunya, semua bahan pengerjaannya telah disediakan disini. 

"Tapi waktunya fleksible kok. Jika pengerjaannya sulit kita bahkan tetap mau nunggu hingga selesai,"

bahan pengerjaan

Lalu Ibu Riva mengajak saya berkeliling galery. Ia tunjukkan segala kreatifitas yang ia hasilkan di gedung ini. Lagi-lagi sudut bangunannya unik dan bikin betah. Cocok jadi tempat foto pre wedding!
Halahhh!!

Nah, cocokkan untuk foto kawinan. Asyyeeekkk!!

Bagi yang penasaran silahkan mampir!


INFO TAMBAHAN
Kraftologie beralamat di Jln. Gabus 40 Lampriet Banda Aceh
www.kraftologie.com
No HP 0813 7524 4770

About Ferhat Muchtar

FERHAT MUCHTAR
Author/Tourism Writer. Dreamers. Ex Banker. Teller Sampai Teler.
Suka makan kuaci. Tukang koleksi buku.
email: ferhattferhat@gmail.com
Tulisan yang mungkin kamu suka × +

10 komentar:

  1. Waaah... *langsung tertarik banget* Jarang kan di Banda Aceh ada tempat kreatif gini.Pengen ikutan belajar juga ah.Makasih bang untuk infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama Lia. Kalo udah ikut kursusnya, gantian cerita yak! hoohooho

      Delete
  2. Woaaaaa...tempatnya asik kali. Suka aku tempat-tempat orang kreatif kayak gini.
    Ente pergi sama siapa, hat?
    aku mau pergi juga ah kapan-kapan ;)

    ReplyDelete
  3. Oooo.. ini dia tempatnya. Pernah dengar dan pengen belajar di sana, tapi gak tahu dimana dan harus hubungi siapa --"
    Terima kasih ferhatt.com , laporan cuacanya sangat membantu sekali :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimaksih kembali rekan Eci..
      rupanya Juza salah satu murid disini..

      Delete
  4. Baru sekali sih kemari, sudah banyak perkembangan dan semakin asyik dan menarik lihat interior di dalamnya... Banyak kelas kreatif yang bisa dicoba juga ya...

    ReplyDelete