#e39608 #FLPMengguncangRamadhan Ramai-Ramai Menulis - Ferhat Muchtar - Catatan Seru!

#FLPMengguncangRamadhan Ramai-Ramai Menulis

Setiap tahunnya, FLP Aceh ngadain iftar jamai (buka puasa bersama). Seingatku yang udah melalangbuana disini, buka puasa di FLP baru dimulai ketika FLP berdiam di sekret daerah Tungkop. Mungkin sekitar tahun 2006.

Dulu, anggota FLP Aceh cuma seuprit. Nggak lebih dari 15 orang. Jadi kalo acara buka puasa bersama, keseringan dulunya masak. Kak mar, selaku pemimpin rumah dan penguasa sekret FLP Aceh membiarkan dapurnya diobok-obok.

Kemeriahan mulai terasa sejak pagi hari. Biasanya kaum hawa FLP turun ke pasar, kayak kak Mar, Eky, Lilies, Riza, Erma, ataupun Reka. Bejibaku mereka beli kebutuhan pokok. Menjelang siang, baru sekret FLP berubah sibuk. Motong ini itu, blender bumbu, goreng ini itu, masak apa aja yang bisa dimasak. Dan nasi soto adalah makanan favorit sepanjang zaman. Seingatku setiap kali buka puasa bersama di sekret FLP Tungkop, melulu menunya nasi soto. Ditambah ayam goreng dengan minuman semangka.


Trus menjelang beduk, rame-rame sempit-sempitan di sekret FLP yang sebenarnya cuma mampu nampung 15 orang. Berdesakan comot ini itu. Kurang puas, biasanya aku, Ali, Rinal, Ubai kembali lagi ba'da shalat tarawih. Kembali lagi makan hasil sisa-sisa apa yang bisa dikunyah.

Trus anggota FLP akhwatnya milih menginap di sekret. Sepanjang malam mereka nyuci piring, beresin sisa makanan. Intinya mereka bekerja lebih 24 jam untuk ngurusin acara berbuka puasa FLP Aceh. Ruaarrr biasa pejuang wanita FLP Aceh.


Dan kini, setelah FLP sedikit makmur dan berbedah lebih baik, acara iftar jamai tetap berlangsung dengan kelas berbeda. Sejak berpindah ke daerah Lambaro dan memiliki hampir 50 anggotanya, FLP Aceh meniadakan acara masak memasak persiapan iftar. Hiks! padahal masak memasak itu bukan pekara capek aja, tapi memupukkan solidaritas kedapuran.

Disini, acara iftar lebih sering milih nasi pesanan. Nasi kotak atau nasi bungkus, lebih simple. Nggak repot.
Kayak hari ini, FLP Aceh ngadain lagi iftar jamai. Tapi anggotanya wajib datang jam 2 siang. Bukan untuk masak, tapi untuk nulis bareng-bareng.

Yup! Dengan hastag #FLPMengguncangRamadhan, sekitar 30 orang anggota FLP Aceh berkumpul di sekret. Ibu Perdana Menteri FLP Aceh, Nuril Annissa yang terpilih berkat pemilu legislatif menginstruksikan untuk menulis beramai-ramai. Terserah nulis apa. Temanya juga terserah.



Maka berkumpullah kami beramai-ramai disini. Masing-masing bawa laptop. Batas waktu jam 5 semua tulisan harus diposting. Pake hastag di FB sama twitteran lagi. Niatnya biar kegiatan ini benar-benar menggncng jagad dunia. Syukur kalo jadi trending topic dunia akhirat..

Dan yang lebih bahagianya lagi, Aslan salah satu kader FLP yang diprediksi jadi ketua umum tahun 2550, tiba-tiba mengabarkan.
"Sekret FLP Aceh ada jaringan WIFI!!"
Berbondong-bondonglah semuanya buka jaringan internet, posting tulisan pun lebih mudah dan membahagiakan. Jarang-jarangkan sekret FLP ada lalulintas internetnya. Entahlah gimana cara Aslan ngurusinnya.

Trus ketika tulisan ini saya tulis, Dara datang sambil bawa kresekan. Kayaknya isinya kue dengan snack berbuka. Langsung, aroma FLP berubah bau donat goreng, dengan bakwan. 
Slluurrppp...
"Sungguh ini menggoda keimanan," ujar Ferhat, salah satu pengelola website www.ferhatt.com ketika dikonfirmasi akan hal ini.
Ia berharap, aroma donat dan bakwan tidak mempengaruhi kekhusyukan ibadah puasa rekan-rekan FLP Aceh.

Ternyata menulis rame-rame itu mengasyikkan. Semuanya sibuk dengan tulisan sendiri.
Ternyata iftar jamai FLP Aceh bermetamorfosis luar biasa sekali.
Kalo dulu sibuk ngurusin belanjaan buka, sama motong-motong bahan. Sekarang waktu banyak dihabiskan untuk berkarya dan menulis.
Ternyata solidaritas berbuka itu bukan cuma letaknya di dapur, tapi juga di ruang tamu. Tempat dimana sekarang kami menulis dan berkarya beramai-ramai.


#FLPMengguncangRamadhan
5 Ramadhan 1434 H/14 Juli 2013

Kegiatan ini turut didukung oleh www.ferhatt.com (media partner)







About Ferhat Muchtar

FERHAT MUCHTAR
Author/Tourism Writer. Dreamers. Ex Banker. Teller Sampai Teler.
Suka makan kuaci. Tukang koleksi buku.
email: ferhattferhat@gmail.com
Tulisan yang mungkin kamu suka × +

6 komentar:

  1. Sayangnya gak bisa ikut tadi, hiks

    ReplyDelete
  2. komen ini disponsori oleh fitrialarasati.blogspot.com, hehe...
    FLP ini ruar biasa bang... (h)

    ReplyDelete
  3. Jiah.. padahal abang yang suruh gausah repot-repot masak. Padahal kalo masak bareng sebenarnya lebih mempererat ukhuwah bang.. Tapi begitulah, Acara nulis barengnya memang membahana

    (h) (h) (h) (h)

    ReplyDelete
  4. Pengin ikuttt.....!

    Bro Ferhat n Aslan.., kpn R bsa ikut... pinginlah dpt ilmu baru.... gk seru kalau cuma nulis sendiri.... :-)

    ReplyDelete
  5. bg Ferhat... maaf di luar topik, itu banner FLP Aceh kodenya lihat di mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di copy aja gambarnya lgsg khaira.
      trus dijoinkan ke alamat web http://flp-aceh.net/

      Delete