Ini yang harus kamu ketahui saat tiba di terminal Banda Aceh

By Jumat, Juli 19, 2013 ,


sumber foto http://inbandaaceh.com
Tulisan ini sengaja kutulis, biar jadi referensi buat teman-teman luar yang mau ke Banda Aceh. Seperti halnya yang sering aku alami. Setiap keluar daerah, hal dasar yang sering terpikir: kira-kira dekat bandara ada apa  aja ya? trus terminalnya jauh nggak ya dari pusat kota? atau kalo kemalaman sampenya ntar harus kemana.

Nah, bagi kamu yang mau ke Banda Aceh lewat jalur darat. Sekarang udah tersedia armada bus yang kinclong dengan interior mewah dan fasilitas bintang. Hampir rata-rata bus menuju Banda Aceh dalam kondisi sangat baik. Sehingga bisa dipastikan, perjalanan kamu sangat menyenangkan.

Banda Aceh punya terminal terpadu yang jadi pusat kedatangan dan keberangkatan bus antar kota. Letaknya di daerah Batoh, yang jaraknya sekitar 20 menit dari pusat kota Banda Aceh. Posisinya strategis di jalan Mohd. Hasan.

Bagi kamu yang mungkin pertamakali ke Banda Aceh, jangan takut sebab letak terminalnya di kawasan terpadu pengembangan kota. Bukan di kawasan kaki gunung atau hutan belantara. Karena berada di seputaran kota, jadi kesibukan kawasan ini tetap berdenyut walaupun udah larut.

Trus juga, Batoh ini bisa dikatakan surganya warung kopi Banda Aceh. Ada banyak warung kopi yang berjejer sepanjang jalan. Bentuknya beragam dengan interior menyerupai cafe. Bahkan sebagian melayani hingga 24 jam, nyaingin apotek.
Ini penting untuk kamu ketahui. Sebab jika bus yang kamu tumpangi tibanya larut malam di Banda Aceh, kamu bisa nunggu pagi di beberapa warung kopi sambil berselancar di dunia maya atau memilih minum kopi. Hal penting yang harus kamu tahu, warung kopi di Banda Aceh hampir semuanya memiliki fasilitas wifi!

Alternatif warung kopi yang bisa kamu singgahi adalah Chek Yukee MT Coffe. Letaknya paling dekat dengan pintu masuk terminal, tinggal gelinding aja langsung sampe.
Jika nggak mau nunggu di warung kopi, tapi kepingin langsung leyeh-leyeh, kamu bisa langsung tidur di penginapan Grand Aceh Hotel. Jaraknya sedikit jauh dari terminal, tapi masih dalam rute yang sama.

Di Hotel ini tersedia kamar mulai tipe standard hingga deluxe. Rate kamarnya pun bervariatif mulai Rp 250.000-Rp 350.000, bagi kamu yang kepingin nambah extra bed dikenain penambahan Rp 100.000. Grand Aceh Hotel  juga ada fasilitas wifi dan swimming pool.

Selain tempat peristirahatan, yang harus kamu ketahui kalo di kawasan Batoh ini nggak ada angkutan umum yang melintas. 
APA!!!
Memang sih agak sedikit menyulitkan buat kamu yang nggak dijemput sama sanak famili handai taulan atau tetangga. Tapi nggak usah khawatir, soalnya disini ada pangkalan becak sama ojek. Kamu bisa gunakan jasa mereka. Tapi berhubung nggak ada tarif pasti, jadi kamu harus pintar nawar hingga dower.

 sumber foto http://wisatamelayu.com


Dan untuk mengatasi keuangan kamu, di seputaran terminal Batoh juga berdiri beberapa kantor perbankan. Kayak bank Muamalat, Bank Bukopin, dan Bank BRI. Ini memudahkan kalo kamu kepingin transaksi keuangan. Lebih-lebih sekarang hampir semua bank punya fasilitas ATM Bersama.

Kalo lapar??
Tenang, selain banyaknya warung kopi, di kawasan Batoh juga banyak sekali rumah makan. Tinggal kamu mau pilih yang mana.

Udah ada bayangan? Bungkus bajumu segera ke Banda Aceh!!

* * *

Tulisan ini udah dirapikan di http://www.atjehpost.com

Yuk Baca Lagi!

7 komentar