#e39608 1st Anniversary Ferhatt.com - Ferhat Muchtar - Catatan Seru!

1st Anniversary Ferhatt.com





Tak terasa blog ini genap setahun tepat tanggal 19 Desember 2013 kemarin!!! Yihaaayyy... Dari sekian banyak laman blog yang sempat kubuat hanya di laman ini nafasnya sedikit panjang untuk bertahan.
Semuanya ini bermula sejak pertengahan Desember tahun 2012. Tiba-tiba tertarik untuk kembali ngeblog setelah beberapa laman blog wafat dengan sendirinya. Niat awalnya adalah untuk membuat semangat menulis lebih baik, merekam jejak, dan terutama mengabarkan hal-hal baik yang ada di sekitar.

Yah, itu berawal dari rasa sakit hati ketika pertengahan tahun lalu Aceh diserang isu teroris. Entah dari mana teroris ngumpul di sebuah bukit di kawasan Aceh Besar. Dengar-dengar latihan perang, bela diri, sekaligus sembunyi dari kejaran polisi. Tapi ujung-ujungnya ketahuan juga. Maka disitulah pemberitaan tentang Aceh marak di media televisi dan media cetak. Pemberitaannya kebanyakan sedikit menyeramkan. Padahal aku disini biasa aja, masih sempat duduk di warung kopi atau lalu lalang kalau malam hari.

Tapi nyatanya berita itu menakutkan bagi orang-orang di luar sana. Agak jomplang dengan semangat masyarakat disini yang lagi sibuk untuk membangun citra Aceh lebih baik. Agak kesal juga dengan beberapa media di Indonesia. Sebab kalau ada hal-hal buruk di Aceh cepaaaattt banget disiarkan. Padahal disini masih banyak hal-hal baik yang bisa dikabarkan. Makin parah ketika salah satu televisi yang beritanya melulu putarin gambar kontak senjata antara aparat dan teroris. Hari ini diputar gambar kontak senjata, besok diputar lagi gambar yang sama. Besok lusa diputar lagi. Padahal terorisnya udah kabur kemana-mana. Beuhh!!

Gimana ini??
Akhirnya terpikirlah untuk membuat blog yang cenderung menulis tentang Aceh, intinya #postivekanAceh. Yahh, minimal tidak mampu mengubah mainstream masyarakat banyak, tapi setidaknya berdampak bagi orang-orang terdekatku. Bagi mereka di luar Aceh bisa mengenal Aceh lebih baik, dan bagi masyarakat Aceh sendiri bisa tumbuh rasa sayang lebih kuat. Maka di blog ini lebih cenderung membahas tourism Aceh (terkhusus Banda Aceh).

Ternyata niatan awal untuk merekam jejak, menulis tourism Aceh, jadi melebar kemana-mana. Selepas resign dari kerja kantoran dan kehidupan sedikit bebas, ternyata ada begitu banyak hal yang bisa ditulis. Tentang pengalaman ketika menjadi teller, kehidupan di rumah yang kerap diserang meruwa, ataupun remeh temeh nggak penting lainnya.

Selalu ada kepuasan ketika tulisan-tulisan ini diapresiasi baik oleh pembaca. Inbox sering masuk sekedar tanya ini itu, email juga sering. Kerap juga jadi referensi bagi pembaca ketika membutuhkan info-info tentang Banda Aceh. Paling kerasa tulisan tentang bus Aceh. Dari sekian banyak postingan, tulisan ini yang paling tinggi ratingnya. Bahkan dari blog ini juga kerap diajak bekerjasama untuk berbagai proyek dan pekerjaan. Sekedar menulis review tempat wisata, review produk perusahaan, atau diundang untuk memberi pelatihan menulis bebas di sekolah-sekolah.

Jadi teringat ketika beberapa minggu lalu, seorang teman yang mengajar di sebuah pesantren mengabarkan kalau blog ini dijadikan referensi di kelas jurnalistiknya. Haduuhh, sempat nyaris pingsan dan koma (halah!) ketika mendengarnya. Dan takjubnya seminggu kemudian aku diundang sebagai guest star di kelas jurnalistik itu. Membagi ilmu menulis bebas bagi anak-anak yang masih duduk di bangku SMP.

Sedikit banyak dengan ngeblog mengubah pandangan kalau menulis itu tidak ribet atau susah. Entah kenapa ketika aktif ngeblog, segala hal yang terjadi layak dijadikan tulisan. Sepertinya semua panca indera kebuka. Menangkap hal-hal menarik untuk ditulis, atau hal yang sama sekali nggak menarik tapi dibuat menarik ketika ditulis. Dan tanpa sengaja juga, postingan di blog ini seakan-akan menjadi bank naskah ketika diperlukan. Semisalnya ketika dibutuhkan untuk kirim media atau ikut lomba, tinggal dipoles disana sini jadi deh langsung dikirim. Paling serunya lagi, ketika iseng-iseng membaca ulang tulisan lama, jadi keingat dengan segala rentetan kejadian sewaktu itu. Jadi benar, menulis itu mengikat cerita! Selayak foto atau video.

Maka ketika mengobrak-abrik blog hari ini, sedikit berbangga. Ternyata dalam kurun waktu 1 tahun ini, terdapat sekitar 115 postingan!! Wuuiiihhh lumayanlah produktifnya..

SELAMAT ULANGTAHUN www.ferhatt.com
Terimakasih untuk kamu pengunjung ferhatologi!


About Ferhat Muchtar

FERHAT MUCHTAR
Author/Tourism Writer. Dreamers. Ex Banker. Teller Sampai Teler.
Suka makan kuaci. Tukang koleksi buku.
email: ferhattferhat@gmail.com
Tulisan yang mungkin kamu suka × +

16 komentar:

  1. Waaahh.. Produktif sekali Bang.. Semoga semakin sukses ya dalam dunia blogging :D

    ReplyDelete
  2. Yeay! Happy 1st anniversary Ferhatt.com. ^_^
    baru tau ternyata isu2 ttng Aceh yg memprakarsai lahirnya blog ini. Mulia sekali niat si empunya blog..
    Bravo Bg ferhat!! Ganbatte ajinomoto!!

    ReplyDelete
  3. Yeyeyeeeee....selamat umur setahun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. doakan berumur panjang ky.. sehat dunia akhirat..

      Delete
  4. selamat ulang tahun ferhatologi. semoga makin jaya

    ReplyDelete
  5. selamat ulang tahun ke-1 semoga terus berlanjut ke duax cheer

    ReplyDelete
  6. Ferhatt.com buat giveaway donk biar pengunjung setia. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti ya kita bikin giveaway. ini lagi cari donatur. kepinginnya pemenang giveaway nya bisa dapat tiket PP ke Zimbabwe atau Somalia..

      Delete
  7. Happy 1st Anniversary Ferhatt.com.. keep blogging #goblog

    ReplyDelete
  8. wah, akhirnya genap satu tahun.. btw sepertinya umur blog saya lebih tua, jadi untuk selanjutnya bg ferhat harus panggil bang eliteword wkwkwkwk :v

    ReplyDelete
  9. asek asek, terus menulis dan menginspirasi ya bang :D

    ReplyDelete