#e39608 Herman is Superman - Ferhat Muchtar - Catatan Seru!

Herman is Superman

 
source: http://previews.123rf.com

Pak Herman ini bikin ulah lagi. Dari seluruh nasabah di kantorku, cuma dia yang bikin trauma para frontliner. Suaranya membahana nggak terkira-kira. Gedenya ngalahin TOA masjid di belakang kantor. Udah gede, melengking lagi. Komplit dah! Bikin sakit telinga.

Orangnya berisik. Ada aja yang salah dimatanya. Beberapa kali kena semprot sama ocehannya. Meilani, customer service kena semprot bulan kemarin. Alasannya klise, gara2 meilani minta KTP. Si pak Herman ogah-ogahan.

“Kamu kira saya teroris sampe segininya diperiksa??!!”

“Cuma prosedur aja kok pak,” Meilani ketar ketir hadapin orang kesurupan didepannya. Takut kalo tiba-tiba si Bapak ayan trus cakar-cakaran.

“Nggak!!!””

BUUKK!!!

Si Bapak pukul meja.

Busyet! Jagoan silat juga ni orangtua.

Meilani ketar ketir. Aku dengan Lisna ngintip-ngintip dari sebelah. Merapal doa biar mMeilani selamat. Nggak ditelan hidup-hidup aja udah paling syukur.

“Dasar bank kutu kupret!! Kampungan! Ndeso!!!”

Si Bapak kalap. Langsung pergi dengan muka merah kayak rendaman kepiting. Meilani langsung bersimpuh. Bersyukur masih diberi umur panjang. Nggak mati ditelan. Kasihan juga anak-anaknya masih kecil-kecil.

Mulai saat itu, pak Herman jadi momok menakutkan bagi kami frontliner. Terlebih aku dengan Lisna, teller barisan terdepan.  Terlebih pak Herman keseringan traksaksi di teller ketimbang punya urusan di customer service. Beberapa kali dia datang, aku dengan Lisna dorong-dorongan.

“Udah Lis, kamu aja yang manggil dia. Paling cuma nyetor..”

“Nggak ah, Abang aja. Aku banyak kerjaan ni..” si Lisna cari-cari alasan. Pura-pura sibuk. Bongkar ini itu.

Aku masa bodo’. Nggak peduli. Kupanggil segera nasabah yang lagi nongkrong di kursi tunggu. Sengaja bikin lama. Biar nomor urut pak Herman kepanggil sama Lisna.

Hehehe. Modus!

Lisna uring-uringan.

“Selamat siang, Pak Herman ada yang bisa dibantu?”

Lisna berlagak lembut waktu pak Herman datang. Suaranya keduluan bergetar walau agak ditahan-tahan.

“Hmmmm..” pak Herman nyodorin slip transaksi.

Lisna berkedut. Puyeng baca tulisan era majapahit berkuasa. Keritingnya kemana-mana, kayak mie goreng kelilit tali plastik.

“Nggak bisa baca!!!! Udah segede gini nggak bisa baca!!!!”

mulai..mulai...

“Eheh ooohhee eheh...” Lisna salah tingkah. Bibirnya komat-kamit rapal matra.

“Bukan nggak bisa baca pak, tapi agak susah dibaca. Hehehehhe”

Pak Herman mendelik dengan ujung matanya. Seram! Lisna nelan ludah, “ehhh, kayaknya saya udah bisa deh pak bacanya. Udah ngerti. Hehehheh..” Lisna ketawa sendiri lagi.

Pak Herman cuma diam aja natapin dia di depan. Sambil ngitung uang nasabah, aku lihatin Lisna yang udah bergetar. Kasihan juga ni sohib. Udah jantungan duluan sebelum udzur. Orangnya panikan. Sekali dihardik langsung ciut.

“Pakkrkk..bolehhrr...pinjarrmm..ATM nyaa..” Lisna berusaha sok ramah. Suaranya bergetar kemana-mana.

“UNTUKKK   APPHHHAAAA??”

Huaaa...hawa jengkolnya kerasa kemana-mana.

“Untuk digesek pak, soalnya transaksiya kita gesek pake pin pad...”

Pak Herman ogah-ogahan keluarin ATM dari dompetnya. Susah payah dikeluarin karena nyangkut dalam dompet. Dirogoh-rogoh juga susah. Mulutnya komat-kamit ngomel sendiri.

Lisna senyum paksa, “saya bantu aja pak..” ia nawarin diri.

“HHHMMMM,, nggak usah!!”

Ketika ATMnya udah ada trus digesek di pinpad. Lisna bangun lagi, kali ini dia minta buku tabungan, “Buku tabungannya ada pak?”

Haduh! Lisna bakal ditelan.

Pak Herman sundek mukanya. Bertekuk-tekuk kayak buku bekas diloakkan.

Ketika memastikan tandatangannya pak Herman sesuai dengan buku tabungan, Lisna bangun lagi. Aku melogo.

Syaelllaa,, cari penyakit ni bocah! Ngak tau apa lagi berhadapan sama pendekar saktimandraguna. Dihembus langsung koit. Lisna!

“Ini ada sedikit coretan pak, boleh ditandatangan lagi...”

“HHHMMMM...” pak Herman mengeram. Mukanya bete.

Semenit kemudian Lisna bangun lagi!

Wadowww...

“KTP-nya boleh dibantu Pak Herman...”

Pak Herman nggak bereaksi. Dia cuma natap Lisna nggak berekspresi.

Lisna salah tingkah. Misuh-misuh. Sadar kalo dirinya salah. Bayangin aja, mintanya berulang-ulang gitu. Nggak sekalian. Gangguin macan tidur!

“Boleh pakkrr KTPnyaaarr...”

Lisna ngulang lagi. Bibirnya udah kering. Butuh oksigen buatan.

BRRAAAAKKKKK!!!!

Pak Herman kalap. Aku merunduk. Ampun pak, ampun pak...

Meja teller dipukulnya keras. Spontan Lisna langsung duduk terjerembab. Ketakutan. Kita diserang lis! Kita diserang!

“Saya ini bukan TERORISSSSS!!!!! Saya sudah ribuan kali keluar masuk bank, nggak ada yang seribet begini!!! Nggak ada seribet BEGINIIIIII!!! BEGENEEEEEEEE!!!!!!!!!!!”

Duarrr!!!

Mulutnya monyot semonyongnya. Lisna nutup telinga. Aku tiarap di meja kasir. Takut kalo dari mulut monyotnya keluar peluru nyasar. Menyerang. #lebay

Si Bos keluar dari persembunyian di ruangan kerjanya. Bantu gundik-gundiknya yang hampir kolaps dihajar.

“Ada apa ya Pak? Ada yang bisa bantu..”

Pak Herman makin menjadi-jadi, “Anak buah bapak coba lihat! Kerja ggak becus! Nuduh saya teroris! Tanya ini itu! Dikiranya saya mau merampok bank!!!!”

Hah??

Aku dengan Lisna melongo. Eh, ni bapak ngomong apaan. Malah ngarang bebas.

“Saya Cuma minta KTP pak, ATM sama buku juga. Cuma buat pastiin speciment tandatangan aja..” Lisna langsung nyerobot. Jelasin duduk pekara. Takut kalo Pak Herman malah ngomong yang nggak-ngggak kayak orang ngigau.

Si Bos merunduk. Melihat ATM, buku tabungan, dengan KTP. “Memang iya Pak, kita memang harus samakan speciment. Biar lebih aman di bapaknya. Mana tau, buku, ATM nya jatuh trus diambil orang. Kita bisa kontrol dari sini..”

“Cuiiihhhh!!! Mana mungkin buku saya, ATM saya bisa jatuh. Ini uang semuanya!! saya jaga baek-baek! ini semuanya uang! UANG!!! UUAAANGGGGGGGGGGGGG!!!!!!!!!!!!!!!”

Iyaa, yaaa, saya tau itu uang pak.

“Mana tau pak, jatuh....” si Bos berusaha menjelaskan lagi.

“NGGGAKK MUNGKIN JATUH!!!!”

“Mana tau pakkkkk....”

“NGGGAAAKKKKK  MUNGKINNNNN!!!!”

“Khan mana tau pak, namanya juga musibah...”

“NGGGGAAAKKKK MUNGKIIIIINNNN!!!!!!”

“itu cuma misalnya aja pak.... *&%$#!)*%#$^*”

“NGGGAKKKK  MUNGKINNNNN!!!!!!!!”

Allahurabbi!! Kepingin rebus ni Bapak pake daun sirih!

“Okelah kalo nggak jatuh, tapi bisa jadi ATM bapak diambil anak bapak trus dia tarik tiba-tiba...” si Bos nggak mau ngalah.

“Ohhh, jadi BAPAKK NUDUH ANAK SAYA PENCURI!!!”

Lha?

Si Bos melongo. Aku dengan Lisna juga melongo.

Busyett. Ini orang enaknnya dikulitin rame-rame. Udah nggak nyambung, berisik lagi!

Si Bos garuk-garuk kepala. Nggak tau mau ngomong apa lagi.

Aku coba bantu meleraikan pertikaian juragan-juragan bensin didepan, “Mana tau, ATM nya terambil sama anak Bapak. Jadi kita disini bisa kontrol juga, aman di Bapaknya..”

“SAYA NGGAK PUNYA ANAK!!!!!”

BRUKKKKKK!!!! Pak Herman pukul lagi meja.

Lha, kalo nggak punya anak ngapain emosi dodol!

Si bos angkat tangan. Dia balik masuk ke dalam ruangan kerjanya. Aku juga angkat tangan. Nyerah hadapin orang macam ginian. Cuma Lisna yang mengiba-ngiba prihatin; help me..

Merunduk ketakutan. Lisna bergerak cepat. Menyelesaikan traksaksi punya Pak Herman. Tekan keyboard komputer secepat mungkin. Bunyinya pletak pletuk sangking semangatnya. Pak Herman masih bertekuk mukanya. Nafasnya tersengal-sengal. Ngos-ngosan gara-gara emosi berlebihan. Mata tajamnya menatap kami berdua. Kami berdua merunduk. Takut.

“transaksi udah selesai pak Herman, ada lagi yang bisa dibantu pak?”

Lisna menyerahkan lembaran bukti transaksi. Sekalian dengan ATM, buku tabungan, KTP ditumpahin semuanya diatas meja counter. Berharap si Bapak segera pergi, dan kami hidup aman sentosa kembali.

“Heeehhh!! Terlalu marginal kalian! MARGINAL!! MARGINAL!! MARGINAL!!!”

Mulai lageee...

Aku dengan Lisna Cuma diam ja. Malas ladenin. Berisik

“MARGINAL! MARGINALL!! Nah kan, nggak tau apa artinya? Nggak tau kan?? Nggak tau apa marginal?? Hahhahahahahhaaaaaaaaaa...”

Pak Herman ketawa tiba-tiba. Terbahak sendirian.

Iihhh, apaan sih ni Bapak.

Semua frontliner bingung. Meilani dan Fani yang duduk di meja customer service malah merapat kearah aku dan Lisna. Berempat kami beradu pandang. Melirik pak Herman yang hilang dibalik pintu kaca kantor. Suaranya masih membahana. Ketawa sekeras-kerasnya.

Aneh! Bapaknya siapa lagi... **


About Ferhat Muchtar

FERHAT MUCHTAR
Author/Tourism Writer. Dreamers. Ex Banker. Teller Sampai Teler.
Suka makan kuaci. Tukang koleksi buku.
email: ferhattferhat@gmail.com
Tulisan yang mungkin kamu suka × +

4 komentar:

  1. nasabah dari siapa dia fer....bahaya x koq ?...ckckckckc

    ReplyDelete
  2. gak tau nasabah siapa bang..

    ReplyDelete
  3. saya baru tau klo tingkan nasabah itu aneh2 hehe...
    klo saya yg kerja di sana bisa mati berdiri kyk nya hihihi

    ReplyDelete
  4. =)) =)) =)) lucuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu.....
    hehehe....sorry, dengan tdk mengurangi rasa prihatin saya, ijinkan saya ucapkan selamat karena anda telah selamat dari seorang bernama "herman" ^__^
    semoga tdk ada herman2 lain diseputar anda, untuk saya juga..heheheh

    ReplyDelete