#e39608 Kakek Ayam - Ferhat Muchtar - Catatan Seru!

Kakek Ayam



Kakek tua didepan kami ngomel tiba-tiba. Intan, teller disebelah kegalapan hadapinnya. Ini bukan kali pertama dia ngomel-ngomel nggak penting dan gak jelas. Bulan kemarin juga sama. Ngomel-ngomel sendiri. Mana ngomelnya panjang-panjang lagi. Beneran orang tua.

Bulan kemarin, si Kakek tua itu mencak-mencak gara-gara slip setorannya nggak diisi. Karena prosedurnya, teller yang input transaksi nggak bisa bantu nulis di slip setoran nasaabah.

Aku nolak. Cuma bisa bantu pandu aja. Nunjukkin, disini pak nulis nomor rekeningnya. Disini pak jumlah setoran. Pojok bawah tandatangan Bapak. Eh, si Kakek malah mencak-mencak. Katanya aku makan gaji buta, nggak mau bantu dia.

Yaellahh...

Siang kemarin, peperanganpun dimulai lagi. Intan nerima transaksi si Kakek. Dia datang sendiri. Seperti biasa, dia cuma bawa duit doank.

Intan bingung. Mau nyetor kemana ni Kakek. Jumlah setoran juga gak tau berapa.

"Slip setorannya udah diisi pak?"

Intan pasang muka paling manis. Perasaannya udah nggak enak. Pasti kena semprot lagi.

Si Kakek diam. Kacamatanya turun naik. Gayanya petatang-peteteng, ngerasa kayak juragan SPBU paling kaya seantero kota.

Dia masa bodo'. Langsung dicampakkan uangnya recehnya yang udah dikaret-karet.

BLAASSSSTTTT....

Iiihhhh! Kebiasaan! Bulan kemarin gini juga gayanya. Nggak bisa lebih sopan lagi, Kek? Minta nomor antrian juga dilempar. Terhina bener dibuatnya.

"Diisi dulu ya pak slip setorannya," Intan nyerahin lembaran setoran. Trus ambil pulpen disisi kiri si Kakek. Maksudnya biar si Kakek nulis sendiri tapi dipandu Intan. Soalnya ngeri-ngeri sedap nulis slip setoran nasabah. Ntar kalo salah rekening, atau adaaa yang keliru si nasabah tinggal ngomel-ngomel aja nyalahin teller. Kenapa nulisnya kemarin salah? kenapa duitnya nggak masuk? kenapa beritanya nggak terkirim? Kamu kemarin nulisnya bener nggak sih? Arrrgggghhhhhtttt... Ribet! Mending nulis sendiri aja gih!

Si Kakek diam. Matanya melotot kepingin loncat.

Busyett mulaii..mulaii...

"KAMU NULIS AJA!! NGAPAIN NYURUH-NYURUH SAYA!!"

Glek! Intan nelan ludah. Aku yang disampingnya mulai ngerasa hawa-hawa nggak panas. Pasti bentar lagi mencak-mencak tu Kakek.

"Oh maaf Pak, kita nggak bisa isiin slip setorannya. Saya pandu aja yaa..."

"GITU AJA NGGAK BISA, NGEHH!!!"

"Memang prosedurnya gitu pak... Kita nggak diizinin isi.."

BUUKKK!!! Dia bantingin uangnya. Matanya makin melotot. Kayaknya tu darah udah mendidih kayak rebusan telur.

Aku melongo. Lisna juga melongo. Nasabah didepanku mangap. Heran mungkin, lihat kesatria uzur disampingnya.

"Nggak pa-pa pak, kita pandu aja.."

"Ngapain kalian pandu-pandu saya!!!!!!! Banyak kali peraturannya. Nggak bisa ginilah! Nggak bisa gitulah!!!! Baru aja minta suruh isi slip! Banyak kali peraturannya!! banyak kali peraturannya!!!!"

Mulai ni..

Kami bertiga diam aja. Intan udah duduk manis. Karena berisik, Lisna bantu ngisi slip setoran si Kakek. Biar segera selesai, trus si Kakek langsung pulang. Heran, lagi emosian ngapain kemari.

"Nggak mau kerja kalian ya!!! Mau makan gaji buta?!! Macam taikk ayam semuanya!!"

Deg!!! Busyettt kita disamaain dengan eek ayam!

Dasar orangtua! Nggak cium apa ini minyak wangi harumnya asli. Bukan KW-KWan.

"Banyak kali peraturannya!!!! Taik ayam semuanya! Apa nggak mau uang kalian, ngeh! NGGAK MAU UANGG!!!!!"

Dia nyerocos lagi. Aku malah heran lihatnya. Ini orangtua maunya apa lagi.

"Saya kesini mau kirim uang!!!! Nggak mau uang kalian?!!!!! Sedikit-sedikit peraturan. Sedikit-sedikit peraturan! Ngapain bikin peraturan banyak-banyak ngeh!!!!!!!"

Kami diam. Ada jeda

ZZzzzzz.zzzzzz...

""Banyak kali cengkoneknya kalian!!!!! Taik ayam semua! taik ayam semuaaaaa!!!!!!"

Diam lagi. Juga ada jeda

ZZZZzzzzzzzz...

"Kalo kalian nggak mau kerja, PULANG!!! Nggak usah masuk ke kantor! Jangan coba-coba makan gaji buta!!"

Diamm lagii. Jeda bentar.

Zzzzz...zzzzzz...

"Taik ayam semuanya!!! taik ayam semuanya!!!!!"

Panjang ya ngomelnya.

Huhfh....

Si Kakek narik nafas. Megap-megap nahan emosi. Mana suaranya udah sampe delapan oktaf lagi. Kepingin rasanya nyahutin omongannya, "nggak mau bantu isi weeekkk....Mending nulis sendiri gih! Nggak mau bantuu weeeeeekkk..." sambil julurin lidah rame-rame. Pasti emosinya makin meradang. Kurasa juga bakal stroke ditempat. Nyesal nggak coba. hehehe..

Karena emosinya udah berisik nggak ketulungan. Banking hall yang rame nasabah mendadak hening. Semua mata tertuju ke si Kakek. Malah kami yang nahan malu dipelototin rame-rame.

Si Kakek? boro-boro. Ngocehhhhhhhh aja nggak selesai-selesai. Padahal pekaranya simple kan? Cuma ngisi slip transaksi doank. Coba pekara harta warisan ataupun serobotan tanah, kurasa bakal mencak-mencak bawa golok.

Kucluk-kucluk, seorang marketing kantor datang. Niatnya baek, nenangin si Kakek biar nggak kolaps tiba-tiba. Bantu apa gitu, biar si Kakek agak tenangan. Eh, rupaya si Kakek malah nepis.

"Nggak usah! Nggak perlu! Biarin aja! Peraturan apa lagi ini! Mau makan gaji buta mereka! Taik ayam semuanya!!!"

Eek ayam lageee...

Kucluk-kucluk lagi, si marketing balik arah. Gagal.

Si Kakek malah membombardir kami bertubi-tubi. Matanya melotot kayak guru matematika zaman Belanda dulu. Beberapa nasabah natap prihatin. Sebagian geleng-geleng kepala. Help me..

Ntah gimana jadinya kalo si Kakek ini berduet maut dengan pak Herman yang berisiknya juga sama. Kurasa kantor ini bakal pecah seketika.

Pulang sana, gih Kek!!

Berisik!!!


About Ferhat Muchtar

FERHAT MUCHTAR
Author/Tourism Writer. Dreamers. Ex Banker. Teller Sampai Teler.
Suka makan kuaci. Tukang koleksi buku.
email: ferhattferhat@gmail.com
Tulisan yang mungkin kamu suka × +

1 komentar:

  1. Baru tahu saya kalau teller dilarang bantu isi slip setoran.

    Untung teller-nya nggak kayak saya. Kalo kayak saya, udah saya bales omelan si Kakek :D

    ReplyDelete