#e39608 "Boleh saye pinnjam pemadam?" - Ferhat Muchtar - Catatan Seru!

"Boleh saye pinnjam pemadam?"



Suatu siang, seorang bule keturunan Jerman (kayaknya) datang ke kantor. Kebiasaan, kalo datang bule, aku (kami) repot sendiri. Modal engglish acak kadut. Takut kalo si bule kebanyakan nanya. Repot mau ngomong gimana. Vocab juga minor. Keseringan si bule kalo ngomong engglish kalap. Nggak berhenti-henti.

Si bule jangkung itu datangnya sendirian. Tahtehtohh..masuk kantor. Walau ransel berat, nggak bikin badannya bungkuk. Tetap tegap kayak tiang listrik. *baru nelan linggis

Mukanya lempeng. Datar. Nggak berekspresi. Cuek. Masuk langsung duduk di banking hall. Aku dengan frontliner lainnya heran. Ni bule ngapain lagi. Trus dia melongo-longo. Liat nomor antrian di tv flat didepannya.



Aku ngintip dari sela meja tinggi counter. Mastiin, itu bule mau ke meja teller nggak ya. Liatin tangannya. Kalo megang uang pasti ke teller. *siap-siap lari

Eh, rupanya nggak. Kayaknya dia punya problem mau ke customer service. Fani dengan Meilani lagi layani nasabah. Si bule mulai glendat-glendot kelamaan nunggu. Kepingin bantu, tapi ahh..pasti repot! Nanya ini itu. Kebiasaan kalo bule punya masalah pasti tentang kartu kredit dari negaranya. Blom lagi narik uang di ATM tapi kartunya nggak mau masuk, blaa..blaaa.. Repot! Mending sama CS.

Tetap dengan muka lempeng, si bule bangun. Trus ngomong dengan satpam. Oaalalaaaa...bisa bahasa Indonesia toh! Biarpun agak sedikit terbata-bata. Yang penting kedua sosok itu berhasil bercakap-cakap ria.

Nggak lama Fani manggilin si bule. Berdua mereka bercas cis cus. Dari semua frontliner, cuma Fani yang engglishnya paling fasih. Katanya kalo ketemu bule lebih enakan ngomong engglish ketimbang bahasa Indonesia.

Bertiga; aku, Intan, Lisna nguping dari sebelah. Padahal sama aja, mau nguping sedekat mungkin juga nggak ngerti mereka berdua ngomong apaan.

Balik arah Fani ngabarin, “ATMnya hilang. Jatuh...”

Oh, kasihann.. #puk-puk

Setelah dijelasin kalo ATM hilang harus ada surat keterangan dari kepolisian, si bule pulang (tetap dengan muka lempeng). Padahal aku udah sanksi, pasti ni orang nggak bakalan ngurusin. Mana ada bule mau repot-repot keluar masuk kantor polisi ngurusin surat kehilangan.

Tapi, eh, duapuluh menit kemudian. Tadaaaaaa....

Dari pintu masuk nongol lagi tu bule! Cepett benerrrr. Mukanya datar (tetap lempeung) Nggak ada ekspresi. Nggak kelihatan kalo dia lagi kesusahan.

Udah ngurus ini itu. Dan berca cis cus tiada tara mereka berdua. Masalah selesai. Fani nyerahin ATM terbaru. Dan PIN ATM barunya harus diambil di meja teller!

Yuhuuuiiiii..kita ngomong bahasa Indonesia ya Le’!

“Saya.. Mau.... Ambil.... PIN.... ATM....” Dia ngomong satu-satu. Eh bukan ngomong, kedengerannya mirip nyebut satu-satu.

Aku grasak-grusuk sendirian. Intan, Lisna udah kebelakang. Tinggallah aku dengan bule jangkung didepan ini. Nyerahin PIN secepat mungkin.

“Langsung.... Bisa.... Dipake.... ATM..... Nya...” tanyanya terbata-bata.

“Bisa..” jawabku sambil nyerahin PIN terbaru.

Si bule masih berdiri (tetap dengan muka lempeng). Padahal urusannya udah selesai. Busyettt kagak mau pulang-pulang.

“Kamu.... Bisa.... Bahasa.... Inggris...”

Beuhhhhh...ngehina! Kaseee taoo gag yaaa

Pasti dibatok kepalanya udah banyak pertanyaan yang mau ditanyain. Bejibun kayak soal UAN. Tanyain ini itu. Bahaya! Kalo jawab “yes” bisa disembur semua. Walaupun sebenarnya ngapain juga kujawab “yes”. Cari penyakit. Bikin ribet.

Hmm..

“Nggak bisa!!" sahutku singkat.

“OOOoo” (tetap dengan muka lempeng). Kucluk-kucluk dia keluar. Ntahlah apa yang terjadi selanjutnya. Mudah-mudahan dia selamat.

Berhubung kantorku berada di kawasan perdagangan dan banyak hotel murah meriah sampe bintangan. Keseringan datang tamu-tamu asing. Bukan cuma warga lokal.

Siang di hari berbeda. Datang seorang cewek tinggi semampai. Kulitnya sedikit gelap. Hidungnya mancung. Pake celana jeans ketat. Oblongan lengan pendek. Nggak pake jilbab.

Naga-naganya orang luar ni! Mungkin artis ibukota yang mendadak show di Pulo Aceh.

Berdua dengan seorang pria dia celingak celinguk. Ya ampunnnn, itu kacamatanya!! Beneran gede! Serasa kayak bawa mangkok bakso kemana-mana. Hidung mancungnya cuma lancipnya aja kelihatan. Lainnya udah ketutup.

Si mbak-mbak itu masih celingak celinguk. Ntah kebingungan atau keberatan mangkok bakso *eh kacamata. Si satpam langsung mengarahkan nunjuk kearah teller. Aku bangun *pede soalnya bukan bule. Hehe

“Ada yang bisa dibantu, Ibu?”

“Boleh sekejap bantu saye?”

Nguuiikkk!! Orang Malaysia!! Kakaknya si Upin Ipin nyasar kemari. Ngapain nenteng-nenteng mangkok.

“Iyaaa...” *tetap pede soalnya bukan bule

“Saye nak cuba pinnjam pemadam..”

APHAAA!!! PEMADAM???!!

Mungkin salah dengar, coba lagi.. “Bantu gimana Ibu?” aku ngulang lagi

Dia mandang-mandang ke lelaki disebelah, “hmmm..pemadam. Boleh saye pinjam sekejap?”

P.E.M.A.D.A.M!!

Beneran pemadam dimintanya!! Bahaya ni Makcek, cantik-cantik jiwanya security.

Aku melongo. Agak geleng-geleng pelan. Nggak ngerti maksudnya apaan.

“Pemadam..” dia negasin lagi sambil gosok-gosok kartu ATM ditangannya.

Yaellahhh.. apa lagi ini.

“Maksudnya?” aku kelimpungan. Garuk-garuk kepala. Mana Intan dengan Lisna lagi dibelakang *asyekk kebelakang melulu ni bocah-bocah.

Si Makcek dengan Pakcek mulai garuk-garuk, “macemmana awak tak cakaapp yaa..” bisiknya ke lelaki disebelahnya.

“tadi, awak tak cuba cash withdrawal di eitiem (ATM), tapi tak bise. Awak nak cuba pinjam pemadam...”

Hah!!! Apa lagi inii... oh Tuhann *garukgaruk dinding.

Masak aku harus nelpon kantor pemadam kebakaran buat nyiramin mesin ATM. Buat apa?? Aku geleng-geleng kepala. Garuk-garuk kepala. Geleng-geleng lagi. Garuk-garuk lagi.

Si Makcek dengan kacamata mangkoknya yang merona, berusaha keras menjelaskan arti pemadam.

“Pemadam...”

Kali ini dia lebih keras gosok-gosok kartu ATM. Si Pakcek sebelah berusaha keras cari padanan kata yang tepat.

“Pemadam...” kartu ATMnya makin keras digosok-gosok, “macam ni..” lanjutnya.

Aku tersenyum. Lebih tepat melongo. Nggak ngerti.

“ERASER!!!” tiba-tiba dia berteriak.

Ya ampuuuunnnn, “PENGHAPUS!!” balasku berteriak

Kuobok-obok keranjang ATK. Trus ngangkat tinggi penghapus putih yang udah belepotan tinta pulpen. “Yang ini?” tanyaku untuk mastiin.

“IYA!! pemadam!” mereka sumringah.

*akhirnyaaa huhuuuuu....

Rupanya kartu ATM mereka punya chip (lempengen kuning) kayak kartu kredit. Sewaktu mau narik uang di mesin ATM, kartunya membal. Nggak mau masuk. Entah dapat ilmu darimana, chip ATM nya digosok-gosok pake pemadam, eh penghapus. Berulang-ulang biar kartunya masuk. Katanya kalo digituin mujarab.

Kucluk-kucluk mereka berdua kembali lagi ke ruang ATM. Berisik di dalam. Grasak-grusuk. Trus masuk lagi ke kantor, pinjam eraser lagi (kali ini eraser disebutnya).

Balik lagi ke ruang ATM. Grasak grusuk lagi didalam sana.

Masuk lagi ke kantor. Pinjam eraser lagi.

Balik lagi ke ruang ATM. Grasak grusuk lagi disana.

Eh, masuk lagi! Ya ampunnn hebohnya!

“Diambil aja pemadamnya, Bu..”

Hehehhehe..si Makcek ketawa. Ketahuan kalo bikin rusuh.

Kalo penghapus namanya pemadam. Kalo mobil pemadam kebakaran, disebut apa yak? Masa’ penghapus api? @_@



#Cerita ini ada di buku terbaru saya TELLER SAMPAI TELER (Elexmedia)

About Ferhat Muchtar

FERHAT MUCHTAR
Author/Tourism Writer. Dreamers. Ex Banker. Teller Sampai Teler.
Suka makan kuaci. Tukang koleksi buku.
email: ferhattferhat@gmail.com
Tulisan yang mungkin kamu suka × +

8 komentar:

  1. Hahaha, pemadam kebakaran "ahli bomba" kalau ga salah. Bomba apaan ga tau dah, bombardir kali

    ReplyDelete
  2. Pemadaaaam... haha #nambah vocab :D
    asik bener baca cerita kocak b Ferhat...

    ReplyDelete
  3. merasa bangga dikunjungi pembaca dari luar negeri :P

    ReplyDelete
  4. hahaa..bang ferhat pinter x nulis'a...
    lucu x...

    ReplyDelete
  5. Sampai kepintal-pintal kami ketawanya. Ah Farhat ne cakap juga buat humor.

    ReplyDelete
  6. hehehhehe... sengkiyuu udah mmapir. nambah2 pahala bikin ngakak orng2..

    ReplyDelete