#e39608 Halalkan Wisata di Aceh! (Dukung Segera!) - Ferhat Muchtar - Catatan Seru!

Halalkan Wisata di Aceh! (Dukung Segera!)


Wisata Halal IndonesiaSelasa kemarin (6/9), saya dengan teman-teman blogger GIB (Gam Inong Blogger) diundang Kementerian Pariwisata RI untuk ikut serta dalam kegiatan optimalisasi wisata halal melalui media sosial. Kegiatan ini berbentuk seminar dan sharing informasi dengan pihak kementerian, tim leader volunteer Wonderful Lombok Sumbawa, dan pegiat media sosial Aceh. Selain blogger ada banyak pegiat media sosial yang terlibat seperti kaskuser, media kampus, media online, twitterer, Intagramer, hingga social media buzzer. Maksud kegiatan ini untuk membantu mensosialisasikan Aceh sebagai destinasi wisata halal dunia melalui media sosial yang kita punya.

Tahun ini Aceh patut berbangga, soalnya masuk dalam beberapa nominasi Kompetisi Pariwisata Halal tingkat Nasional 2016. Sumatera Barat dan Lombok adalah pesaing terberat bagi Aceh. Lombok termasuk paling mengerikan. Soalnya, daerah ini berhasil menang sebagai destinasi wisata halal tingkat dunia tahun kemarin di Abu Dhabi. Ada dua kategori yang dimenangkan Lombok: World's Halal Honeymoon Destination, dan World's Best Halal Tourism Destination. Makin ngeri lagi tahun ini, Lombok berhasil masuk di 10 kategori dari 15 kategori yang dipertandingkan. Jika menang, Lombok bakal mewakili Indonesia ke Abu Dhabi.
para pegiat media sosial berkumpul mendukung Aceh sebagai destinasi wisata halal dunia
Mungkin banyak pertanyaan yang terlintas. Ngapain sih harus ikut ajang ini segala trus harus sampai vote-vote segala? Banyak alasan kenapa harus dukung aksi ini dan Aceh harus menang dalam ajang ini.

Kita perlu mengubah image Aceh. Itu salah satu alasan kuat yang disampaikan pak Reza Fahlevi−Kepala Dinas Pariwisata Aceh−saat pembukaan acara. Image Aceh saat ini menurutnya selalu berputar pada tiga hal; daerah konflik, daerah tsunami, dan syariat Islam yang bagi sebagian orang mengerikan.
“Setiap kali googling Aceh di internet pasti akan muncul foto-foto peperangan dan musibah tsunami. Masih sedikit keindahan Aceh terpublish di dunia maya. Dan ini yang harus kita ubah,” sambungnya.

Untuk mengubah ini dibutuhkan kerja keras bersama. Salah satunya dengan aktif di media sosial mengabarkan keindahan Aceh; keindahan kultur, budaya, masyarakat, hingga alamnya. Dan melalui kompetisi ini, moment tepat mengabarkan Aceh kepada dunia.

cuplikan video wisata The Light Of Aceh (klik difoto kalau mau nonton videonya)
Ada banyak dampak yang dirasakan Lombok semenjak memenangkan World Halal Tourism Summit tahun lalu. Taufan Rahmadi (Creative Strategic Expert Lombok) mengaku semenjak kemenangan itu, Lombok semakin dikenal dan dilirik wisatawan. Terbukti, aktifitas penerbangan di bandara meningkat lebih 100%, kehidupan ekonomi masyarakat semakin bergeliat, dan meningkatnya jumlah wisatawan. Bayangkan, Lombok tahun ini menargetkan 3 juta wisatawan, tapi di pertengahan tahun saja sudah mencapai 2,2 juta wisatawan.

Konsep wisata halal mulai dikenalkan pada tahun 2015 dalam acara World Halal Tourism Summit (WHTS) di Abu Dhabi, UEA. Konsep ini memfasilitasi kebutuhan wisatawan muslim yang mengacu pada ajaran Islam.  Sebab saat ini, beberapa kota di negara muslim menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan seperti Arab Saudi, Turki, Uni Emirat Arab, Malaysia, Maldives, dll. Bahkan di beberapa negara non muslim juga melirik konsep wisata halal seperti Thailand dan Jepang. Menariknya lagi, turis Eropa mulai tertarik konsep wisata halal. Sebab di mata mereka, wisata halal menawarkan konsep hidup yang lebih healthy.

Bersyukurnya, tahun ini Aceh masuk dalam sepuluh destinasi wisata halal di Indonesia. Sepuluh destinasi ini sedang bersaing untuk memperebutkan posisi sebagai perwakilan Indonesia dalam World Halal Tourism Summit (WHTS) di Abu Dhabi 2016. Perwakilan ini akan dipilih berdasarkan voting tertinggi dalam Kompetisi Pariwisata Halal tingkat Nasional 2016. Aceh masuk dalam empat kategori: airport ramah wisatawan muslim terbaik, hotel keluarga ramah wisatawan muslim terbaik, daya tarik wisata terbaik, dan destinasi budaya ramah wisatawan muslim terbaik.

Ayo dukung dan beri suara kamu di bit/ly.voteaceh 
Klik link di atas.
Dukung pariwisata Aceh!






About Ferhat Muchtar

FERHAT MUCHTAR
Author/Tourism Writer. Dreamers. Ex Banker. Teller Sampai Teler.
Suka makan kuaci. Tukang koleksi buku.
email: ferhattferhat@gmail.com
Tulisan yang mungkin kamu suka × +

6 komentar: