#e39608 Cara Mudah Chek In Pesawat Air Asia - Ferhat Muchtar - Catatan Seru!

Cara Mudah Chek In Pesawat Air Asia



Sebagai orang yang tinggal di ujung Indonesia, jalan-jalan ke luar negeri seperti ke Singapura, Thailand, dan Malaysia jauh lebih murah ketimbang jalan-jalan ke Jakarta atau Indonesia Timur. Harga tiket yang jauh lebih murah, jarak tempuh yang lebih dekat menjadi alasan utama. Maka tak salah, menemukan masyarakat Aceh di Malaysia atau Singapura menjadi sangat mudah. Terlebih lagi di pusat perbelanjaan.

Kemudahan ini berawal semenjak dibukanya rute penerbangan langsung dari bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh ke Kuala Lumpur. Berbondong-bondong masyarakat melakukan penerbangan dengan beragam tujuan. Paling umum untuk check up kesehatan atau liburan belanja. Ada beberapa maskapai penerbangan yang membuka rute penerbangan ini, salah satunya adalah maskapai Air Asia yang tiketnya bisa dibeli langsung di tiket2.com.

Saya pertama kali menggunakan maskapai ini sekitar tahun 2006, selepas bencana gempa tsunami Aceh. Saat itu, bandara masih acak kadut dan kecil. Penumpang tumpah tindih, counter check in masih ala kadar, ruang tunggu lebih-lebih. Selain kecil juga panas.

Namun, segala kekurangan ini seakan berubah seiring waktu. Pembangunan yang gila-gilaan di Aceh selepas bencana juga merubah keadaan bandara SIM. Bandara yang dulunya ala kadar, kini dibangun dengan struktur yang jauh lebih sempurna. Bukan hanya bangunan fisik, tetapi juga sistem bandara yang lebih mumpuni. Tak terkecuali counter check in yang saat ini lebih tertata rapi. Ini tentu sangat memudahkan penumpang dan maskapai dalam memberikan pelayanan, tak terkecuali bagi Air Asia.

Air Asia salah satu maskapai yang sering saya gunakan untuk perjalanan ke Malaysia. Selain murah, maskapai ini juga memberikan kemudahan cara check in keberangkatan. Saat ini, ada beberapa cara check in Air Asia mulai dari web check in, mobile check in, dan check in langsung di bandara. Pilihan terakhir ini sering saya gunakan walau harus datang lebih awal ke bandara. Agak repot sih, datang lebih cepat 2-3 jam ke bandara sebelum penerbangan.

Tapi jika tidak ingin repot, check in bisa juga dilakukan dengan sistem website atau melalui aplikasi smartphone AirAsia Mobile. Kedua cara ini jauh lebih praktis dan menghemat waktu. Dan bisa dilakukan di mana saja asalkan terhubung dengan jaringan internet.

Selain check in, bagasi bawaan juga menjadi perhatian khusus selama perjalanan. Ingat, jangan terlalu banyak membawa barang. Usahakan pilih yang benar-benar tepat dan perlu. Sebab apa? Penerbangan baik domestik maupun internasional memiliki berat maksimal yang harus dipatuhi. Misalnya untuk kabin, masing-masing penumpang hanya diperkenankan membawa satu tas ke dalam pesawat. Sementara bagasi akan dikenakan biaya dengan nilai variatif sesuai berat dan destinasinya. Tapi jangan berkecil hati, sebab untuk penerbangan domestik, Air Asia memberikan jatah bagasi gratis sebesar 15 kg.

Yuk, jalan-jalan. Biar hidup lebih seru! 


About Ferhat Muchtar

FERHAT MUCHTAR
Author/Tourism Writer. Dreamers. Ex Banker. Teller Sampai Teler.
Suka makan kuaci. Tukang koleksi buku.
email: ferhattferhat@gmail.com
Tulisan yang mungkin kamu suka × +

0 komentar:

Post a Comment